Tandai HPSN 2024 di Tanbu, DLH Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai

Tandai HPSN 2024 di Tanbu, DLH Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar aksi bersih-bersih pesisir pantai dan penanaman pohon sebagai bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di kawasan wisata Masjid Apung Ziyadatul Abrar, Pantai Pagatan Kusan Hilir pada Jumat (23/02/2023), dan melibatkan perusahaan-perusahaan lokal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu (DLH Tanbu), Rahmad Prapto Udoyo, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya tentang membersihkan pantai, tetapi juga melibatkan penanaman bibit pohon sesuai dengan rencana revitalisasi area siring Pantai Pagatan.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan bantuan bak sampah dan pengenalan Bank Sampah Julpikar’s sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dan nilai ekonomis dari pengelolaan sampah.

Rahmad menegaskan bahwa peringatan HPSN di Tanbu melibatkan semua pihak terkait untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, perubahan iklim, dan degradasi lingkungan secara menyeluruh.

Ia menekankan pentingnya inovasi dalam pengelolaan sampah serta ajakan kepada semua pihak untuk melakukan aksi nyata dalam menjaga lingkungan demi eksistensi keberlangsungan lingkungan.

Langkah konkret seperti penyediaan keranjang sampah di lokasi tersebut menjadi salah satu upaya untuk mendorong perilaku pengunjung dalam membuang sampah dengan benar.

“Ini juga menjadi Bank Sampah bagi pengelola masjid nantinya. Ibaratnya, mereka yang berkunjung itu seperti memberi zakat dalam bentuk sampah botol plastik bernilai ekonomis,” ujarnya

Diharapkan HPSN Tahun 2024 ini akan memberikan dampak positif dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Tanbu. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *