Terus Berprogres, Rencana Pembangunan Bendungan Kusan Tunggu PPKH

Terus Berprogres, Rencana Pembangunan Bendungan Kusan Tunggu PPKH

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dalam upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan dan meningkatkan produktivitas daerah, rencana pembangunan Bendungan Kusan di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan terus berprogres.

Terbaru, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel, Roy Rizali Anwar, menyampaikan bahwa persyaratan teknis baik secara desain, kajian dan sertifikasi bendungan sudah selesai.

“Tinggal menunggu izin pakai penggunaan kawasan area hutan yang menjadi lokasi konstruksi bendungan,” kata Roy kepada wartawan Tanah Bumbu, Kamis (07/03/2023).

Ia berharap tahapan ini dapat dengan cepat diselesaikan sehingga pihaknya dapat mencari sumber-sumber pembiayaan.

Adapun biaya yang diperlukan dalam pembangunan Bendungan Kusan ini membutuhkan sekitar Rp. 3 Triliun.

“Semoga cepat selesai, informasinya sudah ada investor yang sudah bersedia,” katanya.

Sementara itu Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Dr. Hanif Faisol Nurofiq menyampaikan bahwa dalam beberapa waktu mendatang pihaknya berharap akan melaksanakan ekspose bersama Pemkab Tanbu terkait Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH).

Ia berharap Bendungan Kusan ini dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan dan kebutuhan daerah seperti mencegah banjir, membantu irigasi pertanian sehingga meningkatkan produktivitas hasil tani, serta menjadi pemasok sumber air bersih. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *