Bangun Ruang Terbuka Hijau, Pemprov Kalsel Tanami Pohon di Kapet Batulicin

Bangun Ruang Terbuka Hijau, Pemprov Kalsel Tanami Pohon di Kapet Batulicin

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bertempat di Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Batulicin pada Kamis (07/03/2024) pagi, pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Kick Off Penanaman di Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Nampak berhadir, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Dr. Hanif Faisol Nurofiq, Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Fathimathuzzahra, serta pejabat terkait.

Sekda Roy Rizali Anwar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak terkait sehingga Kalimantan Selatan dapat kembali berpartisipasi secara berkelanjutan dalam menghijaukan Indonesia.

“Saya berharap dukungan semua pihak untuk menanam pohon terus berlanjut mengingat eksistensi Banua sebagai Paru-Paru Dunia harus kita jaga,” harapnya.

Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Dr. Hanif Faisol Nurofiq, menyampaikan bahwa Batulicin dengan potensi ekonominya yang luar biasa akan semakin berkembang, terlebih dengan digagasnya Kawasan Ekonomi Khusus Pulau Laut.

“Perlu adanya persiapan, oleh sebab itu kami bersama Bapak Gubernur dan Bapak Bupati mencoba memberikan ruang yang menjadi eskalase atau contoh dari pembangunan yang berwawasan lingkungan,” jelasnya.

Dikatakan, penanaman area Kapet dengan Hutan Kota sebagai RTH menjadi penting dalam mengimbangkan pembangunan dan membangunkan aset pemda yang kurang bermanfaat.

“Dengan membangun ini mudah-mudahan akan menjadi penanda sekaligus bermanfaat bagi peningkatan kapasitas lingkungan,” harapnya sembari menegaskan langkah KLHK yang siap mendukung ini sepenuhnya.

Kepala Dishut Kalsel Fathimathuzzahra menyampaikan bahwa hari ini di tahap awal akan ditanam sebanyak 4 ribu tanaman dengan luas kurang lebih 4,5 hektare. Adapun luas RTH ini ditargetkan seluas 80 hektare. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *