Kabupaten Tanah Bumbu Kekurangan Guru

Kabupaten Tanah Bumbu Kekurangan Guru

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dengan jumlah guru PNS yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu masih sedikit sehingga Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu harus merekrut guru PTT (Pegawai Tidak Tetap) dan Honorer untuk memenuhi kebutuhan kekurangan guru, Kamis (20/2).

Sartono Kepala Dinas Pendidikan ketika dimintai keterangan terkait hal diatas di ruang kerjanya mengatakan,”Jumlah sekolahan negeri dan swasta mulai dari TK, SD, SMP dengan jumlah keseluruhan ada 526 sekolahan. Sedangkan jumlah PNS ada 2040 orang. Ini masih terbagi sebagai Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Penilek, TU dan Penjaga,” terangnya.

“Dengan jumlah guru PNS yang ada jelas tidak cukup atau kurang untuk mengajar jumlah sekolahan yang ada di Tanah Bumbu yang jumlahnya cukup banyak. Untuk menutupi kekurangan kebutuhan guru agar proses belajar mengajar bisa berjalan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu harus merekrut Guru PTT dan Honorer. Jumlah guru PTT terdiri dari Guru, TU dan Perpustakaan yang jumlahnya ada 1.578 orang,” lanjutnya.

“Untuk Honoran sekolah terdiri dari Guru dan TU yang jumlahnya ada 909 orang. Jadi itulah kekurangan PNS yang ada di Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu. Dari jumlah PTT dan Honorer yang saat ini menutipi kekurangan PNS tersebut,” lanjut Sartono.
Bagi Guru yang masih PTT dan Honor yang usianya lebih dari 35 tahun mereka tidak bisa diangkat sebagai PNS karena Undang-Undang yang mengaturnya kecuali sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) dengan upah atau gaji UMR. Hal ini pun harus melalui tes juga. Untuk itu mereka harus memahami secara bersama hal diatas,” pungkasnya.(Ags/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply