Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Pergeseran
Pasukan Pengamanan TPS

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Polres Tanah Bumbu menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS (Tempat Pemungutan Suara) bertempat di Mapolres Tanbu, Senin (07/12/2020) pagi.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Operasi Kepolisian Kewilayahan “Mantap Praja Intan 2020” yang digelar dalam rangka melaksanakan pengamanan TPS pada Pilkada serentak di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Nampak berhadir dalam Apel tersebut diantaranya Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Dandim 1022/Tnb Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si., M.Tr (Han), Ketua KPU Tanbu Makhruri, S.E., Ketua Bawaslu Tanbu H. Kamiluddin Malewa, S.E. dan diikuti oleh Polsek jajaran Polres Tanah Bumbu.

Bertindak sebagai Inspektur Apel Kapolres Tanbu AKBP Himawan Saragih, SH, SIK, yang diwakili oleh Wakapolres Tanbu Kompol Arief Prasetya.

“Dua hari mendatang merupakan puncak dari perhelatan Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2020, dan ini merupakan momentum bagi masyarakat Tanah Bumbu untuk menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Disampaikan bahwa apel tersebut dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan menyamakan persepsi agar pelaksanaan tugas pasukan pengamanan TPS dilaksanakan sesuai dengan kewajiban masing-masing.

Ia juga menyampaikan bahwa pengamanan yang telah siapkan oleh Polres Tanah Bumbu juga tidak lepas dari kerjasama dan koordinasi dengan berbagai lapisan elemen masyarakat dan stakeholder terkait guna mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, dan Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

Adapun jumlah pasukan Polres Tanah Bumbu yang dilibatkan dalam Pengamanan TPS yaitu sebanyak 321 personil, bantuan dari BKO Polda Kalsel sebanyak 51 personil, Brimob Polda Kalsel 30 personil, serta Kodim 1022/Tanah Bumbu sebanyak 100 personil.

“Personil gabungan tersebut nantinya akan mengamankan dan mengawasi jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara di 551 TPS yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Wakapolres.

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan, ia juga berpesan kepada Pasukan Pengaman TPS agar tetap mengedepankan dan mengedepankan penerapan protokol kesehatan agar pelaksanaan Pilkada tidak memunculkan klaster-klaster baru.

Wakapolres berharap personil PAM TPS dapat bersinergi dengan personil pengamanan lainnya dalam menyukseskan seluruh tahapan Pilkada di Tanah Bumbu hingga selesai.

“Tetap berkomitmen bersikap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis dan jalin koordinasi dan sinergi dengan mengenali TPS yang menjadi objek pengamanan,” tutupnya. (Ferd/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *