Cegah Karhutla, Pemkab Tanbu Ikuti Arahan dari Presiden RI

Cegah Karhutla, Pemkab Tanbu Ikuti Arahan dari Presiden RI

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti pidato arahan Presiden melalui Video Conference bertempat di Ruang Digital Live Room Kantor Bupati, Senin (22/02/21) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plh Bupati Tanah Bumbu Dr. H. Ambo Sakka bersama Kasdim 1022/Tnb Mayor Kav. Aminuddin, Kajari, beserta SKPD terkait.

Adapun dalam pidatonya, Presiden Jowo Widodo (Jokowi) menekankan terkait Pengendalian dan Pencegahan Kebakaran Hutan yang disampaikan langsung saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta.

Dikatakan oleh Jokowi, Rakornas pengendalian Karhutla yang rutin digelar sejak tahun 2015 tersebut bertujuan untuk mengingatkan pejabat daerah untuk sigap dan tanggap dalam menangani bencana karhutla.

Terlebih ia menekankan hal tersebut kepada kepada pejabat-pejabat baru pemerintahan yang berada di daerah rawan bencana untuk dapat mempersiapkan diri dalam bertindak serta memahami dan mengetahui ketentuan yang berlaku.

“Jikalau di daerah saudara-saudara terjadi kebakaran, membesar, dan tidak tertangani dengan baik, maka aturan mainnya tetap sama yaitu dicopot dan diganti,” tegas Jokowi.

Meskipun laporan dari BMKG menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia diprediksi akan masih dilanda hujan menengah tinggi hingga April 2021 nanti, ia menekankan agar pemerintah daerah tetap waspada dalam melakukan pencegahan menghadapi bencana.

“Kewaspadaan kita tidak boleh kendor, jangan lengah, sinergi dari seluruh pihak harus semakin kuat dan eksekusi di lapangan yang harus semakin efektif,” pesan Presiden. (fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply