Cegah Balita Stunting, Pemkab Tanah Bumbu Gelar Pelatihan KPM

Cegah Balita Stunting, Pemkab Tanah Bumbu Gelar Pelatihan KPM

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kamis (18/03/2021).

Pelatihan dibuka oleh Bupati H.M. Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin, bertempat di Sekretariat TP PKK Tanbu Jalan Transmigrasi KM 4,5, Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat.

Pelatihan mengangkat tema “Cegah Balita Stunting Pada 1000 Hari Pertama Kelahiran”.

Bupati H.M. Zairullah Azhar dalam sambutanya yang disampaikan Andi Aminuddin menyambut baik dengan digelarnya pelatihan KPM dalam rangka mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Pelatihan KPM ini memiliki peran penting dan strategis dalam upaya kita melakukan pencegahan stunting,” ujarnya.

Tugas dan peran KPM, sambung Zairullah, untuk membantu melakukan pemantauan layanan pencegahan stunting pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) anak serta memastikan bahwa setiap desa mendapatkan layanan yang berkualitas.

Kepada peserta pelatihan, Zairullah berharap mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya menghasilkan kader KPM yang handal dan profesional serta penuh pengabdian dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu, Kepala DPMD Tanbu, melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan, Maulida Hayati mengatakan KPM adalah masyarakat desa yang dipilih untuk membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi masyarakat untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi kegiatan pembangunan sumber daya manusia yang ada di desa.

Secara spesifik, ujar Maulida, KPM memfasilitasi pelaksanaan pencegahan dan menurunkan angka stunting di tingkat desa.

Adapun tujuan digelarnya pelatihan KPM yakni untuk meningkatkan peran dan fungsi KPM dalam menurunkan angka stunting di Tanah Bumbu.

“Harapanya setelah pelatihan ini, KPM dapat meningkatkan kinerjanya di desa dalam rangka mencegah stunting,” ujarnya.

Narasumber pelatihan yakni Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar, Dinas Kesehatan, dan DPMD Tanbu.

Hadir pada pelatihan tersebut, Kepala DPMD Tanbu Nahrul Fajeri, Sekretaris Disdikbud Tanbu Abdul Latief, Sekretaris TP PKK Tanbu, dan undangan lainnya. (Rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply