Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar Resmikan Masjid Apung Ziyadatul Abrar

Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar Resmikan Masjid Apung Ziyadatul Abrar

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Hari ini, Minggu (26/11/2023), Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar meresmikan Masjid Apung Ziyadatul Abrar, sebuah proyek yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan PT Borneo Indobara (PT BIB).

Dalam sambutannya, Bupati Zairullah Azhar menyatakan bahwa Masjid Apung Ziyadatul Abrar bukan hanya memenuhi kebutuhan syiar keagamaan di Tanah Bumbu, tetapi juga menjadi ikon wisata religi dan kebanggaan bagi masyarakat setempat.

Ia menyebut ini merupakan sebuah kewajiban luar biasa yang diberikan oleh PT BIB. Menurutnya hal ini terjadi tidak lepas berkat doa doa masyarakat Tanah Bumbu dengan motto menjadikan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah.

Keberadaan Masjid Apung Ziyadatul Abrar ini, kata Bupati, melengkapi Masjid Agung yang ada di Tanah Bumbu dan menjadi salah satu yang luar biasa di Kalimantan Selatan.

Untuk itu Bupati Zairullah menyampaikan terima kasih kepada Raden Utoro beserta jajaran manajemen PT BIB yang telah memberikan program CSR seperti ini dan berharap kedepannya perusahaan lain di Tanah bumbu dapat mengikuti dengan serupa.

“Hari ini kita semua masyarakat Tanah Bumbu merasa bersyukur kepada Bapak Raden Utoro yang telah luar biasa dan Alhamdulillah tempat ini semoga dapat menunjang syiar keagamaan dan ekonomi masyarakat,” kata Bupati.

Bersama-sama dengan COO PT BIB Raden Utoro dan Direktur Pembinaan Pengusaha Batubara Kementerian ESDM Lana Saria, mereka meresmikan masjid yang menjadi salah satu pilar dalam program CSR PT BIB.

Dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh GM CSR PT BIB, Dindin Makinuddin, diungkapkan bahwa proses pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2019 dan sempat terhenti pada 2020 akibat pandemi. Namun, dengan komitmen yang tinggi, pembangunan ini berhasil dilanjutkan dan hari ini dapat diresmikan.

Dindin Makinuddin menjelaskan bahwa masjid ini terdiri dari dua bangunan utama, yaitu lantai 1 untuk ruang serba guna seperti majelis dan tausiyah, sedangkan lantai 2 khusus digunakan untuk ibadah. Total anggaran yang diperlukan untuk pembangunan masjid ini mencapai 43 miliar, dan desain bangunan disesuaikan dengan filosofi Kabupaten Tanah Bumbu.

Sambutan dari COO PT BIB, Raden Utoro, menyampaikan bahwa masjid ini merupakan bagian dari kontribusi PT BIB, pembangunan masjid ini juga didorong oleh keinginan untuk mendukung masyarakat Tanah Bumbu yang dikenal sebagai masyarakat yang agamis.

Peresmian Masjid Apung Ziyadatul Abrar ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Yayasan Muslim Sinarmas, Forkopimda, jajaran pejabat Pemkab Tanbu, camat, kepala desa, dan masyarakat setempat.

Ceramah agama oleh Habib Mustofa juga menjadi bagian dari acara peresmian ini, menambah nuansa keagamaan dalam momen bersejarah tersebut. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *