KPU Tanbu Buka Penerimaan KPPS Pemilu 2024, Gaji Naik Dua Kali Lipat

KPU Tanbu Buka Penerimaan KPPS Pemilu 2024, Gaji Naik Dua Kali Lipat

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu telah membuka penerimaan seleksi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu Tahun 2024.

Hal ini seperti yang diungkap Ketua KPU Tanah Bumbu Puryadi, didampingi Komisioner KPU Tanah Bumbu Muhammad Sakra Efendi, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/12/2023).

Puryadi mengungkapkan bahwa saat ini jumlah TPS yang yang tersebar di desa-desa di Tanah Bumbu berjumlah sebanyak 1.093 TPS.

“Untuk jumlah KPPS yakni tujuh orang di setiap TPS, sehingga dibutuhkan sebanyak 7.651 petugas KPPS guna menyukseskan pemilu di Tanah Bumbu,” kata Puryadi kepada media ini.

Tahapan penerimaan KPPS ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia, dimulai sejak Senin, 11 Desember, kemarin hingga 20 Desember 2023.

Ketua KPU Tanbu itu juga menyebutkan terdapat peningkatan gaji KPPS pada Pemilu 2024. “Naik dua kali lipat jika dibandingkan Pemilu 2019,” kata Puryadi.

Nantinya, Ketua KPPS akan menerima gaji sebesar Rp. 1,2 juta, naik dari yang sebelumnya Rp. 550 ribu pada Pemilu 2019.

Sementara anggota KPPS akan mendapat gaji sebesar Rp. 1,1 juta, meningkat dari yang sebelumnya hanya Rp. 500 ribu.

Adapun persyaratan umum untuk menjadi petugas KPPS diantaranya Warga Negara Indonesia berusia 17-55 tahun, berpendidikan SMA/sederajat, berdomisili di wilayah setempat, sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari narkoba, dan tidak merupakan bagian dari parpol.

Puryadi mengimbau kepada warga Tanah Bumbu yang berminat menjadi anggota KPPS untuk segera menghubungi atau datang langsung ke Kantor PPS di desa-desa setempat.

Informasi lebih lengkap, termasuk persyaratan pendaftaran, beserta daftar alamat dan kontak PPS di setiap desa, dapat ditemukan di laman media sosial dan website resmi KPU Tanah Bumbu di Facebook, Instagram, dan Twitter. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *