Gapura Jalan Batu Benawa, Simbol Pusat Serambi Madinah di Bumi Bersujud

Gapura Jalan Batu Benawa, Simbol Pusat Serambi Madinah di Bumi Bersujud

Obsesirakyat.com – Tanah Bumbu – Pemandangan tidak biasa nampak terlihat di Jalan Batu Benawa Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Kini, telah terbangun gapura sekaligus pintu gerbang baru yang berada di bibir jalan.

Kepala Dinas Perkimtan Tanbu, H. Ansyari Firdaus, menyampaikan bahwa gapura tersebut tidak hanya menjadi pemandangan indah tapi juga mencerminkan keinginan Abah Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, menjadikan daerah ini sebagai Serambi Madinah.

“Pusatnya berada disini, terutama karena di setiap malam Jumat kita mengadakan Majelis, jadi gapura ini menunjukkan pusat kegiatan keagamaan Serambi Madinah yang berada disini,” terang pria yang akrab disapa H. Daus, Kamis (21/12/2023).

Dikatakan Kadis Perkimtan itu, dibangun dengan anggaran di bawah Rp. 200 juta, gapura ini tidak hanya menjadi proyek fisik semata, tetapi juga sarat makna untuk menghiasi jalan dan menyampaikan visi daerah kepada masyarakat.

H. Daus berharap lebih banyak gang dan dusun di Tanah Bumbu yang memiliki pintu gerbang atau gapura serupa. Hal ini diharapkannya tidak hanya mendorong keunikan wilayah, tetapi juga memperkaya budaya setempat.

Ia mengakui terinspirasi dari kunjungan kerja ke Banyuwangi, dimana dirinya terkesan melihat pintu gerbang yang menghiasi gang dan dusun disana.

“Kami berharap di Tanah Bumbu kedepannya dapat semakin banyak hal serupa, memberikan nilai estetika dan budaya yang khas,” papar Kadis Perkimtan.

Dengan adanya gapura ini, Tanah Bumbu semakin merajut keindahan dan kekayaan budaya sebagai Serambi Madinah, meneguhkan tekad untuk menjaga keunikan daerah dan menginspirasi masyarakat setempat.

“Sebentar lagi selesai, tinggal penambahan lampu-lampu saja,” tutupnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *