Dimulai Hari Ini, Pesta Pantai Pagatan Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata

Dimulai Hari Ini, Pesta Pantai Pagatan Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Masyarakat Bumi Bersujud bersiap untuk menyambut kembali Pesta Adat Mappanre Ri Tasi’e, yang juga dikenal sebagai Pesta Pantai.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbuporpar) ini sekaligus sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi Tanah Bumbu yang ke-21.

“Kegiatan akan berlangsung mulai dari hari ini 17 April hingga 1 Mei 2024,” ujar Kepala Disbudporpar Tanah Bumbu, H. Syamsuddin, melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata, Ari Herlianto, kepada media ini, Rabu (17/04/2024).

Meski demikian, kegiatan pembukaan secara ceremonial baru akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 April 2024, dan ditandai puncak acara pada Minggu, 28 April 2024.

Dikatakan Ari, bahwa kegiatan Mappanre Ri Tasi’e tahun 2024 ini akan dilaksanakan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sarana penunjang kegiatan seperti panggung dan jumlah lomba yang diadakan.

Untuk itu, Pantai Pagatan di Kec. Kusan Hilir telah diramaikan dengan panggung megah yang berlokasi tidak jauh dari tepi pantai, serta deretan stand Expo yang diisi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan berbagai instansi SKPD Tanah Bumbu.

Rencananya pada hari pembukaan, kegiatan akan dimulai dengan upacara pembukaan di expo dan dilanjutkan dengan berbagai penampilan seni di panggung utama.

Sedangkan pada hari puncak acara, rencananya akan diadakan parade kapal hias di laut, yang diiringi dengan kegiatan makan bersama sembari berdoa di atas kapal.

Pesta Adat Mappanre Ri Tasi’e ini diharapkan tidak hanya menjadi perayaan budaya yang meriah, tetapi juga menjadi ajang promosi potensi pariwisata serta UMKM di Kabupaten Tanah Bumbu. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *