Zairullah- Rusli Menangi Pilkada dalam Pleno KPU Tanbu

Zairullah- Rusli Menangi Pilkada dalam Pleno KPU Tanbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Pilkada 2020 yang dilaksanakan di Hotel Ebony Batulicin, Senin (14/12/2020).

Dalam proses penghitungan suara melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dengan disaksikan oleh saksi dari setiap paslon serta diawasi oleh Bawaslu Tanbu.

Hasil rekapitulasi Bupati dan Wakil Bupati menunjukkan bahwa pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 3 yakni Zairullah Azhar-M. Rusli (ZA-MR) telah unggul dengan raihan 104.234 suara.

Disusul dengan pasangan nomor urut 1 Syafruddin H. Maming-M. Alpiya Rakhman (SHM-MAR) yang meraih 72.710 suara dan pasangan nomor urut 2 Mila Karmila-Zainal Arifin (MK-ZA) yang meraih 4.205 suara.

Adapun juga suara sah yang masuk berjumlah sebanyak 181.149 dan suara tidak sah sebanyak 4.964 dengan total keseluruhan suara sah dan tidak sah sebanyak 186.113 suara.

Dengan hasil tersebut pasangan ZA-MR telag dipastikan menjadi pemenang dalam kompetisi Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2020.

Keputusan rapat Pleno ini tertuang dalam surat keputusan Nomor 157/PL.02.6-BA/6310/KPU-KAB/XII/2020 tentang Berita Acara dan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dari Setiap Kecamatan di Tingkat Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

Ketua KPU Tanah Bumbu yakni Makhruri dalam kesempatannya menyampaikan bahwa, “Tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu dalam Pilkada ini yakni sebesar 84%. Berarti sisanya yakni 16% masyarakat yang tidak hadir ke TPS dan tidak menggunakan hak suaranya atau Golput,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Makhruri menyampaikan bahwa, “Justru tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu tergolong tinggi dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan,” terangnya.

Oleh karena itu Makhuri menyampaikan, “Terima kasih kepada seluruh pihak dan stakeholder terkait yang telah bekerjasama dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu,” ucapnya.

Salah satunya menurut Makhuri yakni insan pers atau rekan wartawan yang telah berperan penting dalam menyebarluaskan informasi dari setiap kegiatan KPU kepada masyarakat.

“Apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga kepada rekan media yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu yang telah menjadi penyambung komunikasi kepada masyarakat dengan peran dari rekan-rekan kegiatan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman,” pungkas Makhruri. (Fer/red2).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply