Lestarikan Budaya Khas Kalimantan, Lomba Balogo Se-Kalsel Digelar di Tanbu

Lestarikan Budaya Khas Kalimantan, Lomba Balogo Se-Kalsel Digelar di Tanbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Ratusan peserta mengikuti Lomba Balogo Se-Kalimantan Selatan Tahun 2023 yang diadakan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan lomba balogo berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (27/05/2023), di Gedung Mahligai Bersujud Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dewan Pembina Balogo Kabupaten Tanah Bumbu H. Hasanuddin membuka lomba balogo didampingi Ketua Panitia Pelaksana H. Haris Fadillah beserta jajaran panitia.

Dewan Pembina Balogo Kabupaten Tanah Bumbu H. Hasanuddin menyampaikan bahwa para peserta sangat antusias untuk mengikuti lomba balogo yang dilaksanakan di Bumi Bersujud.

Hal ini dibuktikan dengan sebanyak 249 peserta dari 83 tim ikut memeriahkan lomba tersebut yang berasal dari 11 Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Selatan.

Pria yang juga anggota DPRD Tanah Bumbu Fraksi PKB itu berharap lomba balogo di Tanah Bumbu dapat terus diadakan sebagai ajang silaturahmi serta upaya melestarikan budaya tradisional khas Kalimantan.

“Balogo ini merupakan tradisi orang kita dan orang tua kita dulu dan ini harus kita lestarikan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan agar lebih memperhatikan kegiatan seperti ini,” terangnya.

Menurutnya, saat ini perkembangan balogo di Kabupaten Tanah Bumbu sudah sangat baik. Dimana saat ini tim balogo dari Tanah Bumbu turut aktif dalam mengikuti lomba balogo baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional.

Hasanuddin berharap pelaksanaan lomba balogo di Tanah Bumbu dapat berjalan dengan aman dan lancar serta kedepannya agar dapat terus ditingkatkan, baik dari segini sarana, akomodasi, serta hadiah.

Kalimat senada juga disampaikan oleh Ketua Panlak Lomba Balogo H. Haris Fadilah, yang menyebut bahwa balogo merupakan peninggalan nenek moyang yang harus ditanamkan kepada kawula muda.

Dikatakan saat ini kebanyakan dari penggemar balogo adalah mereka yang telah berusia dewasa dan orang tua. Ia berharap kedepannya semakin banyak generasi muda untuk ikut melestarikan budaya daerah.

“Untuk itu sebelumnya juga ada lomba balogo di tingkat SD, yang mana untuk memupuk dan mengembangkan agar kedepannya balogo ini dapat dinikmati oleh kawula muda dan juga orang tua,” tambah Haris Fadilah yang juga anggota legislatif Tanbu.

Diketahui total hadiah yang dipersiapkan oleh panitia dalam Lomba Balogo Se-Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu berjumlah sebesar Rp. 50.000.000 ditambah dengan trofi dan piagam. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *