Bupati Zairullah Harapkan Pemuda Tingkatan Kesadaran Politik

Bupati Zairullah Harapkan Pemuda Tingkatan Kesadaran Politik

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menekankan perlunya peran aktif pemuda dalam mendorong peningkatan kesadaran politik melalui pendidikan politik. Pemuda diharapkan Zairullah dapat berpartisipasi langsung dalam Pemilu/Pilkada serentak tahun 2024.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, dalam acara yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Gedung Olahraga Desa Madu Retno Kec. Karang Bintang, Selasa (07/11/2023).

Dengan tema Peran pemuda dalam Pemilu/Pilkada serentak tahun 2024 Kabupaten Tanah Bumbu, acara tersebut juga dihadiri oleh Komisi Pemilihan Umum Tanbu dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Tanbu.

Dalam paparannya, Bupati Zairullah menyoroti pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda. Lebih lanjut, dia mencatat bahwa pemilih pemula pada Pemilihan Umum (Pemilu)/Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 berjumlah 18.566 orang, dengan sebagian dari mereka berada di Kecamatan Mantewe dan Karang Bintang.

Kegiatan ini didasari oleh UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan pendidikan politik kepada masyarakat.

Bupati Zairullah menjelaskan bahwa pendidikan politik ini menjadi pedoman dalam memilih calon kandidat pimpinan pada Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Bupati Tanbu itu juga mencatat bahwa peran pemuda bukan hanya sebagai pengawas TPS, tetapi juga sebagai penyelamat suara rakyat Indonesia.

Dengan demikian, pemimpin yang terpilih akan mewakili kehendak rakyat, dan pemuda juga memiliki peran dalam mencegah pelanggaran dan korupsi politik yang sering terjadi selama Pemilu.

Upaya ini menekankan pentingnya melibatkan pemuda dalam memperkuat kesadaran politik di Indonesia dan menjadikan mereka sebagai agen perubahan yang berkontribusi pada proses demokrasi yang sehat. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top