Sosialisasi Wawasan Kebangsaan untuk Pemilu 2024 di Tanah Bumbu

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan untuk Pemilu 2024 di Tanah Bumbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan sebagai bagian dari persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pilkada serentak tahun 2024.

Acara yang diadakan di Pendopo Serambi Madinah, Kamis, (16/11/2023) dengan tujuan utama membangun kesadaran bela negara, memperkuat ideologi Pancasila, dan meningkatkan wawasan kebangsaan.

Kegiatan ini didasari oleh Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

Dalam laporan acara, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tanbu, Nahrul Fajeri, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran akan perbedaan dan keanekaragaman dalam masyarakat serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Disampaikan bahaa Pejabat Pemerintah Daerah, Kepala Desa, Lurah, Ketua RT, Pelajar, Ormas, dan LSM menjadi sasaran utama kegiatan ini. Kabupaten Tanah Bumbu sendiri memiliki 18.566 pemilih pemula, dengan 238.792 Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan 1.093 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, menjadi narasumber pertama, menekankan Pemilu dan Pilkada 2024 sebagai bentuk pembinaan kesadaran bela negara dan sarana pembinaan ideologi Pancasila. Narasumber kedua, Kementerian Agama, menyoroti pentingnya penguatan kerukunan umat beragama untuk menciptakan Pemilu dan Pilkada yang aman, damai, dan sejuk.

Bupati menyambut baik sosialisasi ini, mengapresiasi upaya peningkatan wawasan kebangsaan, dan menegaskan bahwa pemahaman masyarakat tentang peran dalam Pemilu sangat penting untuk berpolitik dengan baik dan bijak. Beliau menekankan peran pengawasan partisipatif masyarakat sebagai lapis kedua, selain pengawas TPS, untuk menyelamatkan suara rakyat Indonesia.

Bupati juga menyoroti peran masyarakat dalam mencegah pelanggaran dan korupsi politik pada Pemilu, serta menciptakan Pemilu yang aman dan sejahtera.

“Sehingga Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu, terlaksana secara tertib dan bersih guna mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud sebagai Serambi Madinah,” harapnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *