Permudah Usulan Masyarakat, Si Parade Dilaunching di Kecamatan Batulicin

Permudah Usulan Masyarakat, Si Parade Dilaunching di Kecamatan Batulicin

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kecamatan Batulicin meluncurkan Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat Desa (Si Parade) dan melakukan sosialisasi di ruang rapat Kantor Kecamatan Batulicin pada Senin (11/12/2023).

Acara ini dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Eka Saprudin, dengan dihadiri oleh Kepala Desa, Lurah, serta aparatur Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Batulicin.

Kegiatan launching dan sosialisasi Si Parade merupakan bagian dari Implementasi aksi perubahan pada Diklat PKA Angkatan VIII Tahun 2023 yang diikuti oleh Camat Batulicin Erli Yuli Susanti, SH.MH di BKPSDM Provinsi Kalimantan Selatan.

“Si Parade (Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat Desa) adalah alat bagi pemerintah desa untuk memberikan kesempatan masyarakat menyampaikan gagasan/ide/usulan pembangunan secara online melalui dokumen perencanaan pembangunan desa (RPJMDesa),” terang Camat Batulicin Erli Yuli Susanti kepada media ini.

Camat Batulicin menyebut hadirnya aplikasi Si Parade sebagai inovasi karena dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan desa masih banyak desa yang kurang memperhatikan aspek partisipasi masyarakat.

Inovasi ini diharapkan memberikan solusi sebagai sarana yang dapat membantu masyarakat berpartisipasi aktif dalam pembangunan, khususnya dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan desa.

Aplikasi Si Parade dapat difungsikan langsung oleh masyarakat saat penggalian gagasan atau ide melalui musyawarah tingkat RT/Dusun.

Admin RT yang ditunjuk akan menggunakan aplikasi Si Parade untuk memasukkan usulan-usulan dari masyarakat sesuai masing-masing lingkungan RT-nya. Super admin dari Pemerintah Desa akan merangkum seluruh usulan masyarakat dari seluruh RT yang ada di desa.

Dalam aplikasi Si Parade, data yang diinput akan tersimpan dalam format dokumen perencanaan pembangunan desa, mempermudah Pemerintah Desa dan kecamatan untuk melakukan verifikasi dan validasi data usulan dari masyarakat

Alamat situs Si Parade dapat diakses melalui browser (Google Chrome, Firefox, dsb.), dengan mengetikkan https://siparade.tanahbumbukab.go.id pada address bar, pastikan internet tersedia pada perangkat PC atau laptop. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top