Cegah Stunting, Anak di Sungai Loban Ikuti Cek Kesehatan bersama PT BIB

Cegah Stunting, Anak di Sungai Loban Ikuti Cek Kesehatan bersama PT BIB

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – PT Borneo Indobara (PT. BIB) menginisiasi program Ceria Membara (Cegah Stunting, Raih Impian Anak, bersama PT Borneo Indobara).

Kegiatan ini ditandai dengan sosialisasi dan cek pemeriksaan kesehatan dari dokter spesialis anak di Kantor Desa Sumber Baru Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (14/12/2023).

Camat Sungai Loban Agus Salim, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada PT BIB yang telah memfasilitasi kegiatan pada hari ini.

Dikatakan Camat, Kecamatan Sungai loban di tiga desa, bisa dikatakan lumayan banyak anak yang mengidap stunting, apalagi Desa Sebamban Baru yang pada tahun 2024 menjadi desa lokus stunting.

Oleh sebab itu Camat mengganggap dalam rangka penurunan stunting, perlu adanya koordinasi dan keseriusan sinergi bersama elemen terkait.

“Penanganan stunting di Sungai Loban di 2024 kasusnya berbeda di setiap desa,
perlu adanya identifikasi yang cermat, sehingga tidak bisa dijustifikasi seluruh desa dengan perlakuan yang sama,” kata Agus Salim.

Ia mengatakan kepada para ibu-ibu agar tidak perlu khawatir jika anaknya dinyatakan stunting dan berharap para ibu dapat semangat dan tetap bersikap optimis dalam melihat masa depan anak.

Ketua TP PKK Kab. Tanah Bumby Hj. Wahyu Windarti, melalui Ketua Pokja 4 Elly Irawati, menyampaikan bahwa TP-PKK Tanah Bumbu turut menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini oleh PT BIB.

Dikatakan Elly, Ketua TP-PKK Kab. Tanah Bumbu Hj. Wahyu Windarti Zairullah yang juga Ketua Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting memiliki komitmen dan niat serius dalam upaya penurunan stunting di Tanah Bumbu.

Oleh sebab itu, Ketua TP-PKK Tanbu berpesan kepada ibu-ibu agar terus memantau tumbuh kembang balita dan anaknya dengan cara memeriksakan ke posyandu.

Ia juga menekankan pentingnya bagi ibu dan anak usia belia untuk mengonsumsi pangan gizi dan sehat.

“Jangan sampai selesai imunisasi selanjutnya tidak dibawa ke posyandu, justru setiap bulan harus dibawa ke posyandu agar kita bisa memeriksa terkait tumbuh kembang anak,” katanya.

TP-PKK Kab. Tanah Bumbu berharap kedepannya semakin banyak kegiatan yang berkaitan penurunan stunting di desa-desa di Bumi Bersujud seperti yang dilakukan PT. BIB.

Sementara itu GM CSR PT BIB Dindin Makinuddin, yang diwakili Project Manager Officer Bilqis Nabila, menyampaikan bahwa Ceria Membara merupakan program CSR PT BIB dalam rangka Wujudkan Generasi Masa Depan Emas dengan Anak Sehat dan Bebas Stunting

“Ini merupakan langkah awal PT BIB bersama Pemda dan dinas terkait untuk menurunkan angka stunting di Tanbu yang ditargetkan dibawah 14%,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan dokter hari ini, diharapkan pihaknya dapat menentukan rekomendasi kegiatan kedepannya yang dibutuhkan warga dalam rangka penurunan stunting di Tanbu.

Sebelum mengikuti pemeriksaan cek kesehatan, dalam kegiatan ini para peserta juga mendapatkan pengarahan edukasi oleh Dokter Teti selaku dokter spesialis anak dan penyerahan pemberian makanan tambahan (PMT) oleh PT BIB.

Kegiatan diikuti sebanyak 45 peserta dari 3 Desa di Kec. Sungai Loban, yakni 10 orang dari Desa Tri Martani, 10 orang Desa Sebamban Lama, dan 25 orang Desa Sebamban Baru

Hadir dalam kegiatan ini Perwakilan SKPD terkait, Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa, serta para ibu-ibu dan anak. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top