Lepas 73 Calon Jemaah Haji Tanah Bumbu, Ini Pesan Bupati Zairullah

Lepas 73 Calon Jemaah Haji Tanah Bumbu, Ini Pesan Bupati Zairullah

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melepas 73 calon jemaah haji Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022 di Masjid Agung Nurussalam Kel. Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Kamis (09/06/2022) pagi.

“Alhamdulillah kita bersyukur bisa melepas tim jemaah haji dari Tanah Bumbu, memang jumlahnya sangat terbatas tapi kita berharap semoga berkah dan semuanya kita doakan menjadi haji yang mabrur,” ujar Zairullah dalam keterangannya kepada wartawan.

Dalam kesempatan itu, Bupati berpesan kepada calon jemaah haji untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan serta berharap pelaksanaan haji ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Selain itu Zairullah juga berpesan kepada calon jemaah haji yang berada di tanah suci untuk dapat mendoakan Kabupaten Tanah Bumbu agar senantiasa dilimpahkan keberkahan.

“Selamat menunaikan ibadah haji, semoga berkah dan mudah-mudahan bapak dan ibu sekalian dapat berangkat dan kembali ke Tanah Bumbu dengan selamat,” harap Bupati.

Sementara itu Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Bumbu, HM Ishak dalam laporannya menyampaikan bahwa hingga saat ini jumlah calon haji asal Tanah Bumbu yang terdata di Kantor Kementerian Agama berjumlah 7.504 orang.

Adapun calon jemaah haji yang diberangkatkan di tahun ini merupakan pendaftar sejak tahun 2010 dan saat ini berusia 65 tahun kebawah.

Ishak menyebutkan bahwa antusias masyarakat Tanah Bumbu untuk mengikuti ibadah haji terus mengalami peningkatan di tahun ke tahun, namun yang menjadi kendala adalah waktu tunggu keberangkatan yang diestimasikan mencapai hingga 38 tahun.

Ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan keberangkatan haji di tahun ini menjadi yang pertama setelah dalam dua tahun terakhir sempat ditunda mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Namun mengingat situasi Covid-19 yang belum sepenuhnya usai, Pemerintah Arab Saudi memberlakukan kebijakan yang mengakibatkan jumlah kuota haji di tahun ini mengalami penurunan.

Selain itu para calon jemaah haji diwajibkan untuk melalui rangkaian protokol kesehatan yang ditentukan sebelum berangkat seperti dengan pemberian vaksin meningitis, vaksin lengkap Covid-19 serta tes PCR.

“Calon haji Kabupaten Tanah Bumbu yang semestinya dengan kuota normal 170 jemaah, saat ini hanya bisa memberangkatkan 70 jemaah ditambah 3 kuota tambahan menjadi total 73 jemaah,” terangnya.

Meski telah dilepas, para calon jemaah haji Tanah Bumbu baru akan diberangkatkan ke Asrama Haji Banjarbaru pada 15 Juni 2022, dan kemudian bertolak ke Arab Saudi di keesokan harinya pada 16 Juni 2022.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Plt Kantor Kemenag Tanbu HM Ishak, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, Ketua MUI Tanbu KH Suhuful Amri, Forkopimda, pejabat SKPD, dan tamu undangan serta peserta calon jemaah haji. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *