Disperkimtan Tanbu Terus Lakukan Pemeliharaan PJU Kawasan Pemukiman

Disperkimtan Tanbu Terus Lakukan Pemeliharaan PJU Kawasan Pemukiman

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Tanah Bumbu terus giat melakukan pemeliharaan penerangan jalan umum (PJU) di desa-desa di Bumi Bersujud

Kepala Disperkimtan Tanbu, H. Ansyari Firdaus, menjelaskan bahwa pemeliharaan ini menargetkan lampu yang rusak baik akibat faktor usia lampu maupun faktor bencana alam.

Dalam menghadapi musim hujan, Kadis Perkimtan mengakui sering menerima laporan lampu rusak akibat petir, terutama di Kec. Kusan Hilir, Kec. Simpang Empat, dan Kec. Batulicin.

Diketahui anggaran pemeliharaan PJU di kawasan pemukiman Tanah Bumbu mencapai sekitar Rp. 1 Miliar dengan setiap Kecamatan mencapai Rp 200 juta.

Dikatakan H. Daus, hingga saat ini, lebih dari 1.300 lampu penerangan di Tanbu dilaporkan rusak oleh desa dan masyarakat.

Menghadapi keterbatasan anggaran, Dispekimtan Tanbu bersikap bijak dan memprioritaskan pemeliharaan di titik rawan dan yang lebih membutuhkan.

“Misal permintaan itu di satu desa itu banyak tidak semua, jadi kita beri jarak atau space, apalagi lampu LED itu kan mahal Rp. 1 juta-an,” terang pria yang akrab disapa H. Daus itu.

Kepala Disperkimtan itu menyampaikan bahwa upaya pemeliharaan lampu ini diharapkan mendukung aktivitas masyarakat di malam hari.

Termasuk anak-anak yang pergi ke masjid di malam hari dalam mendukung program Satu Desa Satu Masjid (SDSM) Bupati Zairullah Azhar.

Oleh sebab itu di tahun 2024, ia berharap program pemeliharaan PJU ini dapat mencakup lebih banyak lingkungan masyarakat dan menjadikan penerangan jalan umum di Tanbu semakin optimal. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *